APLIKASI DATA MINING UNTUK ANALISIS MEMBANGUN STRATEGI MARKETING DENGAN METODE KLASIFIKASI MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES (Studi Kasus: STMIK Bina Patria Magelang)

sugeng wahyudiono

Abstract


newline"> Dalam penelitian berjudul “Aplikasi Data Mining untuk Analisis Membangun Strategi
Marketing dengan Metode Klasifikasi Menggunakan Teorema Bayes (Studi Kasus: STMIK Bina
Patria Magelang)” ini dikembangkan sebuah aplikasi data mining yang bertujuan untuk
memudahkan tim marketing STMIK Bina Patria Magelang dalam menganalisa media promosi yang
dipergunakan dan hasil analisa tersebut dapat dipergunakan untuk perencanaan marketing ke depan.
Pengembangan aplikasi dilakukan dengan pendekatan berorientasi objek menggunakan UML
(Unified Modelling Language), sedangkan proses data mining menggunakan CRISP-DM (Cross
Industry Standard Process for Data Mining).
Berdasarkan hasil pengujian terhadap fungsional sistem menggunakan metode black
box¸ diperoleh hasil bahwa semua fungsionalitas sistem sudah berjalan sebagaimana yang
diharapkan. Pada pengujian terhadap hasil analisa data mining, dilakukan pengujian menggunakan
data frekuensi media promosi “Acara di Sekolah” pada kabupaten Magelang. Hasil pengujian
menggunakan aplikasi dan perhitungan secara manual menunjukkan hasil yang sama.
Dapat disimpulkan bahwa aplikasi data mining yang dikembangkan sudah memenuhi
seluruh fungsionalitas yang diharapkan dan hasil analisa yang diperoleh adalah valid. Hasil analisa
berupa prediksi probabilitas frekuensi media promosi untuk kabupaten/ kecamatan tertentu serta
grafik frekuensi media promosi akan sangat membantu dalam menyusun strategi marketing, agar
lebih terfokus dan tepat sasaran, yang pada akhirnya dapat mengurangi biaya marketing.

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

ISSN: 1978-5569