KORELASI ANTARA METODE STAD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SDN 1 BANDONGAN TA. 2016/2017

Subiyanto .

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan: (1) pengaruh metode pembelajaran STAD
terhadap motivasi belajar; dan (2) pengaruh metode pembelajaran STAD terhadap prestasi belajar.
Metode penelitian ini adalah korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 1
Bandongan. Sampel dalam penelitian ini 27 siswa yang diambil menggunakan cluster sample. Variabel
penelitian ini terdiri dari dua variabel: variabel independen yakni motivasi belajar dan prestasi belajar,
variabel dependent yakni metode pembelajaran STAD. Penelitian ini menggunakan instrument soal tes
formatif IPA materi pernafasan pada hewan dan manusia, dan instrument angket motivasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah Persen atau percentages correction.Hasil penelitian ini adalah
sebagai berikut: metode pembelajaran STAD berpengaruh secara positif terhadap motivasi dalam
peningkatan prestasi belajar IPA materi alat pernapasan. Berdasarkan hasil analisis data, pengujian
hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa R hitung 0.709 dan p (0.000) ˂
0.05, hasil ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara metode pembelajaran STAD terhadap
motivasi belajar dan prestasi belajar IPA siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Bandongan.
Kata Kunci: STAD, motivasi belajar, prestasi belajar.

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

ISSN: 1978-5569