Penerapan Media Sosial Berbasis Foto Instagram Sebagai Media Pemasaran Digital Berbasis Daring

Aditya Wahana

Abstract


Instagram adalah media sosial berbagi foto yang memungkinkan penggunanya untuk
dapat berbagi foto (gambar) dan video di halaman pengguna masing-masing. Menurut data yang
dilansir oleh instagram mengenai pertumbuhan penggunanya, instagram kini telah mencapai 1
Milyar pengguna di seluruh dunia (Kemp, 2018). Aktifitas pengguna instagram di Indonesia juga
termasuk tinggi, yaitu sekitar 53 juta orang pengguna mengakses instagram setiap bulannya
(Kemp, 2018). Pada awal diciptakan fungsi utama instagram adalah sebagai media interaksi sosial
antar penggunanya tanpa ada batas territorial atau dapat menghubungkan semua pengguna di
seluruh dunia. Namun dalam perkembangannya instagram banyak digunakan sebagai media
pemasaran berbagai macam produk.Salah satu faktor yang menunjang pemanfaatan instagram
sebagai media pemasaran dikarenakan tampilannya yang berupa grid foto atau video dengan
tampilan yang sangat memanjakan penggunanya. Instagram dapat digunakan di smartphone
maupun di akses melalui web. Namun pengguna akan dapat pengalaman yang lebih maksimal saat
mengakses instagram melalui smartphone.Penelitian ini berfokus kepada cara penggunaan
instagram sebagai media pemasaran digital. Subyek penelitian adalah pelaku bisnis yang telah
menggunakan media sosial instagram sebagai sarana promosi yang berjumlah 50 responden.

Kata kunci : Media Sosial, Instagram, Pemasaran Digital, User Interface, User Experience

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

ISSN: 1978-5569