PENDIDIKAN KARAKTER PADA KALIMAT MOTIVASI REMAJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai pendidikan karakter yang terdapat
pada kalimat motivasi remaja. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Objek
penelitian ini berupa kata, frasa, atau kalimat yang menunjukkan berbagai nilai pendidikan
karakter yang ditulis oleh siswa-siswi SMP Muhammadiyah 6 Surakarta. Objek penelitian berupa
nilai pendidikan karakter yang terdapat pada kalimat motivasi remaja. Pengumpulan data
dilakukan dengan dokumentasi, yakni tulisan siswa-siswi di sekolah tersebut. Setelah itu,
dilakukan wawancara kepada sejumlah informan. Teknik analisis data menggunakan metode
padan. Metode padan yang digunakan yakni metode padan referensial (content analysis) dengan
alat penentu referen bahasa. Selain metode padan referensial, digunakan teknik baca markah.
Selain itu, analisis data dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) untuk memperoleh
hasil penelitian yang valid.
Hasil penelitian menemukan delapan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam
kalimat motivasi remaja, antara lain: (1) semangat; (2) percaya diri; (3) penyayang; (4) religius; (5)
visioner; (6) berbakti; (7) berani; dan (8) tabah. Keberagaman nilai pendidikan karakter pada
tulisan remaja menunjukkan bukti kualitas sumber daya manusia Indonesia yang hal itu menjadi
modal untuk meneruskan pembangunan bangsa.
Kata kunci: kalimat motivasi, remaja, nilai
pada kalimat motivasi remaja. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Objek
penelitian ini berupa kata, frasa, atau kalimat yang menunjukkan berbagai nilai pendidikan
karakter yang ditulis oleh siswa-siswi SMP Muhammadiyah 6 Surakarta. Objek penelitian berupa
nilai pendidikan karakter yang terdapat pada kalimat motivasi remaja. Pengumpulan data
dilakukan dengan dokumentasi, yakni tulisan siswa-siswi di sekolah tersebut. Setelah itu,
dilakukan wawancara kepada sejumlah informan. Teknik analisis data menggunakan metode
padan. Metode padan yang digunakan yakni metode padan referensial (content analysis) dengan
alat penentu referen bahasa. Selain metode padan referensial, digunakan teknik baca markah.
Selain itu, analisis data dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) untuk memperoleh
hasil penelitian yang valid.
Hasil penelitian menemukan delapan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam
kalimat motivasi remaja, antara lain: (1) semangat; (2) percaya diri; (3) penyayang; (4) religius; (5)
visioner; (6) berbakti; (7) berani; dan (8) tabah. Keberagaman nilai pendidikan karakter pada
tulisan remaja menunjukkan bukti kualitas sumber daya manusia Indonesia yang hal itu menjadi
modal untuk meneruskan pembangunan bangsa.
Kata kunci: kalimat motivasi, remaja, nilai
DOI: 10.56357/jt.v14i2.174
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2827-8550
ADDITIONAL MENU |
EDTORIAL TEAM |
REVIEWERS |
CONTACT |
ARCHIVES |
ETIKA PUBLIKASI |
PLAGIARISM POLICY |
FOCUS AND SCOPE |
AUTHOR GUIDELINES |
User
Font Size
Information