MODEL PENGEMBANGAN MULTIMEDIA EDUTAINMENT UNTUK PEMBELAJARAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI

M. Lutfi M.A

Abstract


Memadukan antara aktivitas ”pendidikan” dan ”hiburan” adalah upaya untuk menciptakan
suasana yang menyenangkan dalam proses pembelajaran huruf hijaiyah pada anak usia dini yang
dikenal dengan konsep edutainment. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Membuat sebuah Konsep Model Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini sesuai dengan prinsip prinsip edutainment. 2) Membuat Desain Pembelajaran Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini berbasis Multimedia Edutainment. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT sedangkan model pengembangannya mengunakan MDLC (Multimedia Development Live Cycle) yang terdiri dari enam tahap, yaitu pengonsepan (concept), perancangan (design), pengumpulan materi (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan pendistribusian (distribution). Konsep model pembelajaran huruf hijaiyyah dirancang berdasarkan prinsip prinsip edutaintment yang kemudian di implementasikan dengan menggunakan software Adobe Flash CS6, Power Sound Editor, Adobe Photoshop CS6, dan CorellDraw X5. Hasil dari penelitian ini adalah tersedianya model pengembangan dan desain aplikasi multimedia edutainment untuk pembelajaran huruf hijaiyah pada anak usia dini. Penelitian ini diharapkan dapat memadukan antara muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis, sehingga proses aktifitas pembelajaran berlangsung dapat memenuhi kebutuhan psikologis anak usia dini yaitu nyaman, menyenangkan, menggembirakan, menghibur dan mencerdaskan.

Katakunci : Multimedia, edutainment, MDLC, SWOT, Konsep Pembelajaran.

Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract view : 10 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

ISSN: 1978-5569