SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KREDIT PADA BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU (KCP) MANAHAN
Abstract
Manajemen kredit adalah salah satu komponen dasar yang paling sering diperhatikan dalam
kegiatan usaha (bisnis) terutama untuk bidang perbankan. Informasi merupakan salah satu bagian
yang cukup penting di dalam kehidupan manusia, karena dengan adanya informasi maka akan
mendukung kita dalam membuat suatu keputusan dengan lebih cepat dan tepat. Bank Rakyat
Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Manahan Solo merupakan salah satu Kantor yang
bergerak di bidang Perbankan. Karena kantor yang bergerak di bidang perbankan maka sistem
manajemen kredit adalah salah satu sistem yang harus benar-benar diperhatikan untuk mendukung
kegiatan operasional kantor. Namun dalam prakteknya banyak kendala yang dijumpai oleh Bank
Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Manahan Solo dalam penanganan sistem
manajemen kredit. Hal ini terjadi karena Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP)
Manahan Solo masih menggunakan sistem manajemen data secara manual (ms.excel). Adapun
tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang sistem informasi manajemen kredit secara
komputerisasi pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Manahan Solo
dengan memanfaatkan sistem basis data sebagai media penyimpanan data dan informasi secara
digital untuk menghasilkan informasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara
mengumpulan data survey langsung dan pengambilan data dengan cara melihat langsung tanpa
menggunakan alat bantu apapun. Dengan adanya aplikasi sistem informasi manajemen kredit
mulai dari nominal pinjaman, jumlah angusran, denda, jatuh tempo dan lain-lain dikantor Bank
Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Manahan Solo menjadi lebih efisien, akurat
dan dapat meringankan pekerjaan pegawai khususnya dibagian administrasi kredit.
Kata kunci : Sistem Informasi Manajemen Kredit
kegiatan usaha (bisnis) terutama untuk bidang perbankan. Informasi merupakan salah satu bagian
yang cukup penting di dalam kehidupan manusia, karena dengan adanya informasi maka akan
mendukung kita dalam membuat suatu keputusan dengan lebih cepat dan tepat. Bank Rakyat
Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Manahan Solo merupakan salah satu Kantor yang
bergerak di bidang Perbankan. Karena kantor yang bergerak di bidang perbankan maka sistem
manajemen kredit adalah salah satu sistem yang harus benar-benar diperhatikan untuk mendukung
kegiatan operasional kantor. Namun dalam prakteknya banyak kendala yang dijumpai oleh Bank
Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Manahan Solo dalam penanganan sistem
manajemen kredit. Hal ini terjadi karena Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP)
Manahan Solo masih menggunakan sistem manajemen data secara manual (ms.excel). Adapun
tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang sistem informasi manajemen kredit secara
komputerisasi pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Manahan Solo
dengan memanfaatkan sistem basis data sebagai media penyimpanan data dan informasi secara
digital untuk menghasilkan informasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara
mengumpulan data survey langsung dan pengambilan data dengan cara melihat langsung tanpa
menggunakan alat bantu apapun. Dengan adanya aplikasi sistem informasi manajemen kredit
mulai dari nominal pinjaman, jumlah angusran, denda, jatuh tempo dan lain-lain dikantor Bank
Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu (KCP) Manahan Solo menjadi lebih efisien, akurat
dan dapat meringankan pekerjaan pegawai khususnya dibagian administrasi kredit.
Kata kunci : Sistem Informasi Manajemen Kredit
DOI: 10.56357/jt.v15i1.185
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2827-8550
ADDITIONAL MENU |
EDTORIAL TEAM |
REVIEWERS |
CONTACT |
ARCHIVES |
ETIKA PUBLIKASI |
PLAGIARISM POLICY |
FOCUS AND SCOPE |
AUTHOR GUIDELINES |
User
Font Size
Information