Open Journal Systems

PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA PEMBUATAN MAP DUNGEON PADA GAME RPG “TEMUKAN JALANMUâ€

Ahmad Fauzi Anggi Ariesta Kusuma

Abstract


Perkembangan dunia game saat ini sudah semakin pesat, Dimulai dari konsole sampai dengan
smartphone memnculkan berbagai jenis genre game. Role playing game adalah game yang
menekankan unsur cerita dan pengembangan karakter yang meningkat selama permainan, baik
dengan quest item, pertarungan maupun item yang didapat. Sebuah game tidak akan lepas dari
agen cerdas, salah satunya adalah Finite State Machine, Maka tujuan dari penelitian ini adalah
menerapkan metode Finite State Machine berdasarkan 3 (kondisi) yaitu State (keadaan), Event
(kejadian) dan action (aksi) untuk membuat sebuah Map Dungeon berbasiskan genre game Role
Playing Game. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang bermekanisme Finite State Machine,
dimana pilihan player menentukan hasil akhir pada game.

Kata kunci: Role Playing Game, Rpg Maker. Finite State Machine, Game Design

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.56357/jt.v15i2.192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons LicenseÂ