RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN SHOLAT 5 WAKTU BERBASIS AUGMENTED REALITY
Abstract
Augmented Reality adalah suatu inovasi yang revolusioner dalam perkembangan teknologi yang
pesat. Teknologi Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya
dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi lalu
memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam lingkungan nyata. AR sangat bisa
dimanfaatkan untuk pembuatan media pembelajaran agar peserta didik bersemangat dalam proses
pembelajaran. Pemanfaatan bisa dilakukan untuk pendidikan formal maupun non formal. Tujuan
jangka pendek penelitian adalah membuat media pembelajaran berbasis aplikasi smartphone
dengan memanfaatkan teknologi AR untuk pembelajaran shalat lima waktu, sedangkan tujuan
jangka panjang yaitu pemanfaatan teknologi AR sebagai media pembelajaran pendidikan
norformal yang sudah berjalan di masyarakat dengan memanfaatkan smartphone. Metode
penelitian yang digunakan adalah Microsoft Solution Framework (MSF) dengan metode
pengembangan sistem waterfall dan metode Object Oriented Develompment (OOD) untuk metode
pendekatannya. Tahapan pada penelitian ini antara lain identifikasi masalah, perencanaan awal,
desain dan perancangan, uji coba dan implementasi. Produk hasil penelitian ini adalah kartu
marker yang telah disematkan teknologi Augmented Reality (AR) sehingga dapat menampilkan
objek berupa gerakan shalat dan dapat digunakan dalam pembelajaran pengenalan shalat lima
waktu bagi murid-murid KB & TK Amal Insani Yogyakarta. Luaran yang ingin dicapai adalah
publikasi ilmiah di jurnal nasional ber-ISSN, pemakalah dalam temu ilmiah, buku yang ber-ISBN,
dan media pembelajaran pengenalan gerakan shalat lima waktu dengan memanfaatkan teknologi
AR.
Kata Kunci : Augmented Reality, Solat 5 Waktu, Media Pembelajaran, Microsoft Solution
Framework, Kartu Marker Augmented Reality
pesat. Teknologi Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya
dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata tiga dimensi lalu
memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam lingkungan nyata. AR sangat bisa
dimanfaatkan untuk pembuatan media pembelajaran agar peserta didik bersemangat dalam proses
pembelajaran. Pemanfaatan bisa dilakukan untuk pendidikan formal maupun non formal. Tujuan
jangka pendek penelitian adalah membuat media pembelajaran berbasis aplikasi smartphone
dengan memanfaatkan teknologi AR untuk pembelajaran shalat lima waktu, sedangkan tujuan
jangka panjang yaitu pemanfaatan teknologi AR sebagai media pembelajaran pendidikan
norformal yang sudah berjalan di masyarakat dengan memanfaatkan smartphone. Metode
penelitian yang digunakan adalah Microsoft Solution Framework (MSF) dengan metode
pengembangan sistem waterfall dan metode Object Oriented Develompment (OOD) untuk metode
pendekatannya. Tahapan pada penelitian ini antara lain identifikasi masalah, perencanaan awal,
desain dan perancangan, uji coba dan implementasi. Produk hasil penelitian ini adalah kartu
marker yang telah disematkan teknologi Augmented Reality (AR) sehingga dapat menampilkan
objek berupa gerakan shalat dan dapat digunakan dalam pembelajaran pengenalan shalat lima
waktu bagi murid-murid KB & TK Amal Insani Yogyakarta. Luaran yang ingin dicapai adalah
publikasi ilmiah di jurnal nasional ber-ISSN, pemakalah dalam temu ilmiah, buku yang ber-ISBN,
dan media pembelajaran pengenalan gerakan shalat lima waktu dengan memanfaatkan teknologi
AR.
Kata Kunci : Augmented Reality, Solat 5 Waktu, Media Pembelajaran, Microsoft Solution
Framework, Kartu Marker Augmented Reality
DOI: 10.56357/jt.v15i2.195
Article Metrics
Abstract view : 394 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2827-8550
ADDITIONAL MENU |
EDTORIAL TEAM |
REVIEWERS |
CONTACT |
ARCHIVES |
ETIKA PUBLIKASI |
PLAGIARISM POLICY |
FOCUS AND SCOPE |
AUTHOR GUIDELINES |
Information