ANALISIS PENERAPAN SEO DENGAN METODE OPTIMASI CRAWL BUDGET UNTUK MENINGKATKAN INDEX WEBSITE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan search engine optimization (SEO) secara
lanjut dengan metode pengoptimalan crawl budget suatu situs web. Penelitian ini menggunakan
metode komparatif dengan menganalisa dan membandingkan dua situs web sampel yang dibangun
bersamaan untuk kepentingan penelitian ini. Penelitian berfokus pada penerapan search engine
optimization on page guna meningkatkan jumlah index website sehingga dapat memperluas
jangkauan perayapan dan indeksasi dari crawler atau Googlebot. Penelitian ini dilakukan di
tempat usaha mandiri (bisnis online) milik Bapak Agus Eko di Kampung Kedungsari, Kota
Magelang. Dengan membangun dua situs web sampel yang berkonten artikel bahasa Inggris, serta
bernama domain “Millwoodmanor.com” dan “Teslook.com”. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data jumlah index web, jumlah index image,
dan grafik statistik penayangan. Hasil analisis data kemudian dapat ditarik kesimpulan. Hasil
metode pengoptimalan crawl budget yang dilakukan pada salah satu situs web sampel yaitu
“Millwoodmanor.com”, adalah jumlah total penayangan pada Google penelusuran lebih banyak.
Hal tersebut dikarenakan jumlah index web dan index image yang dihasilkan lebih banyak, padahal
kedua situs web sampel dibangun pada waktu yang sama.
Kata kunci: search engine optimization, meningkatkan index web, crawl budget, perayapan,
prototype
lanjut dengan metode pengoptimalan crawl budget suatu situs web. Penelitian ini menggunakan
metode komparatif dengan menganalisa dan membandingkan dua situs web sampel yang dibangun
bersamaan untuk kepentingan penelitian ini. Penelitian berfokus pada penerapan search engine
optimization on page guna meningkatkan jumlah index website sehingga dapat memperluas
jangkauan perayapan dan indeksasi dari crawler atau Googlebot. Penelitian ini dilakukan di
tempat usaha mandiri (bisnis online) milik Bapak Agus Eko di Kampung Kedungsari, Kota
Magelang. Dengan membangun dua situs web sampel yang berkonten artikel bahasa Inggris, serta
bernama domain “Millwoodmanor.com” dan “Teslook.com”. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data jumlah index web, jumlah index image,
dan grafik statistik penayangan. Hasil analisis data kemudian dapat ditarik kesimpulan. Hasil
metode pengoptimalan crawl budget yang dilakukan pada salah satu situs web sampel yaitu
“Millwoodmanor.com”, adalah jumlah total penayangan pada Google penelusuran lebih banyak.
Hal tersebut dikarenakan jumlah index web dan index image yang dihasilkan lebih banyak, padahal
kedua situs web sampel dibangun pada waktu yang sama.
Kata kunci: search engine optimization, meningkatkan index web, crawl budget, perayapan,
prototype
DOI: 10.56357/jt.v15i2.197
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2827-8550
ADDITIONAL MENU |
EDTORIAL TEAM |
REVIEWERS |
CONTACT |
ARCHIVES |
ETIKA PUBLIKASI |
PLAGIARISM POLICY |
FOCUS AND SCOPE |
AUTHOR GUIDELINES |
User
Font Size
Information