Pengaruh Antara Tingkat Kecerdasan dan Frekuensi Latihan Dengan Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dan Kamus Bergambar Bahasa Inggris Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD

Gatot Susilo

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran di sebagian besar sekolah dasar masih menggunakan media papan tulis, kertas bergambar, sehingga materi yang disampaikan kurang menarik perhatian siswa. Disamping itu, kemampuan siswa sekolah dasar (SD) dalam mengingat kosa kata terutama kosa kata Bahasa Inggris juga masih kurang, kemampuan mereka untuk berkonsentrasi tidak bisa lama, siswa cepat merasa bosan bila cara mengajar monoton (satu arah) dalam waktu yang cukup lama. Hal ini tentu akan berdampak pada pencapaian prestasi siswa. Penelitianbertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif dan kamus bergambar Bahasa Inggris dengan memperhatikan tingkat kecerdasan dan berlatih para siswa terhadap prestasi yang dicapai oleh siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan sistem yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris. Pada tahap implementasi, ada beberapa tahapan yang dilakukan, yaitu test awal (pre test), implementasi alat bantu media pembelajaran multimedia interaktif dan kamus bergambar bahasa Inggris, dan post test. Subyek penelitian akan dibagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Kata kunci : Media pembelajaran multimedia interaktif, kamus bahasa Inggris, berlatih, prestasi siswa.

Full Text: PDF

DOI: 10.56357/jt.v10i2.25

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

ISSN: 2827-8550