PENGGUNAAN MEDIA AUDIO ELEKTRONIKA WIRELESS MICROPHONE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA SD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

TABAH SUBEKTI

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan partisipasi siswa kelas V SD Negeri Keputran IV Yogyakarta melalui penggunaan media audio elektronika wireless microphone.Penelitian dilakukan di SD Negeri Keputran IV Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom action research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan telah menunjukkan peningkatan partisipasi siswa secara signifikan. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar pengamatan dan angket terbuka bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik presentase. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas V SD Negeri Keputran IV Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan angket terbuka dengan responden siswa. Penelitian ini juga dilakukan dengan sistem kolaborasi dengan guru kelas.Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan partisipasi siswa setelah menggunakan media audio wireless microphone. Adapun peningkatan tersebut secara bertahap dapat dijelaskan sebagai berikut: sebelum dilakukan tindakan terhadap siswa, terdapat 30% siswa yang aktif berpartisipasi. Setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama, partisipasi siswa yang aktif meningkat menjadi 50% dan pada siklus kedua partisipasi siswa meningkat lagi menjadi 92%. Dari kedua siklus itu maka dapat dicermati bahwa terjadi peningkatan partisipasi siswa pada siklus pertama sebesar 20% dan siklus kedua meningkat lagi 42% dari siklus sebelumnya. Dengan mengacu pada target penelitian yakni sebanyak 80%siswa berpartisipasi secara sempurna, maka penggunaan media audio wireless microphone selama dua siklus ini dapat dikatakan telah mengalami keberhasilan.

Kata kunci: wireless microphone, partisipasi siswa

Full Text: PDF

DOI: 10.56357/jt.v11i2.64

Article Metrics

Abstract view : 683 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

ISSN: 2827-8550