MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA (Penelitian pada Santri di Ponpes Raudhotut Tholibin Rembang)

M. Nur Hasan, Arie Supriyatno

Abstract


Abstrak
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah dalam rangka mengetahui dan
menemukan tentang penerapan model Pembelajaran karakter di pondok Roudhotut
Tholibin Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini sering dilakukan dalam situasi yang terjadi
secara alamiah dan peneliti menaruh perhatian mendalam terhadap konteks sosial yang
ada. Metode pengumpul data yang digunakan untuk menyajikan respons-respons dan
perilaku subjek. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan rujukan
hasil wawancara dan dukungan data sekunder yang relevan dengan menyertakan sumber
aslinya. Data berupa tabel maupun angka merupakan analisis dari hasil wawancara,
sehingga peneliti menghindari penilaian yang subyektif. Selanjutnya dilakukan penarikan
kesimpulan dengan poin-poin. Kesimpulan penelitian ini terdapat beberapa upaya dan
rencana pembentukan karakter pada siswa atau santri di pondok pesantren Roudhotut
Tholibin Kabupaten Rembang Jawa Tengah. Hal ini terlihat pada tata tertib santri, pada
buku tata tertib disiplin santri, tata tertib disiplin santri diantaranya adalah menyiapkan
petugas piket, etika izin dan berbagai jenis pelanggaran dengan konsekuensi hukuman.
Pondok pesantren mendidik pula dalam tahapan-tahapan pembelajaran dalam hal
penguasaan baca tulis dan hafalan al-Qur’an.


Kata kunci: Model pembelajaran berbasis karakter Pondok Pesantren


Full Text: PDF

DOI: 10.56357/jt.v12i1.92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

ISSN: 2827-8550