PENERAPAN TASK-BASED LANGUAGE TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Sukris Sutiyatno

Abstract


Keberhasilan program pembelajaran berkait langsung dengan model  pembelajaran yang diterapkan. Suatu model pembelajaran umumnya di samping didesain memiliki tujuan jangka pendek juga memiliki tujuan jangka panjang, yang akan berpengaruh terhadap perkembangan seseorang. Proses belajar-mengajar yang mengimplementasikan desain task-based learning, pengajar memberikan berbagai macam tugas yang berupa aktivitas-aktivitas belajar berkomunikasi dalam bahasa target yang lebih memfokuskan arti dan nilai  daripada aturan bahasa. Tugas-tugas tersebut menekankan pada pencapaian tujuan pembelajaran, yaitu tujuan komunikatif.Beragamnya model pembelajaran ditentukan oleh beragamnya tujuan (hasil belajar) yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran tersebut. Artikel ini membahas pentingnya task-based teaching and learning dalam pembelajaran bahasa Inggris.

 

Kata kunci: model pembelajaran, task-based teaching and learning

 


Full Text: PDF

DOI: 10.56357/jt.v10i2.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

ISSN: 2827-8550