PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSE (ESP) READING COMPREHENSION

Sukris Sutiyatno

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh metode cooperative learning terhadap kemampuan English for Specific Purpose (ESP) Reading Comprehension. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperiment. Penelitian dilaksanakan di STMIK Bina Patria Magelang. Teknik sampling menggunakan random sampling dan data dikumpulkan melalui pre-tes dan pos-tes. Analisis menggunakan t-tes. Berdasarkan hasil penelitian, secara empiris metode Cooperative Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan ESP Reading Comprehension mahasiswa.

Kata kunci: Cooperative Learning, English for Specific Purpose (ESP), Reading Comprehension


Full Text: PDF

DOI: 10.56357/jt.v12i2.71

Article Metrics

Abstract view : 272 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

ISSN: 2827-8550